Bikin Obyek 3D Dengan Sandbox Google SketchUp


Bikin obyek 3D dengan sandbox Google SketchUpTool ‘Sandbox‘ (bak pasir) di Google SketchUp (‘GSUp’) meniru anak-anak bermain membuat bangunan dari pasir. Karena ‘GSUp’ sudah “gede”, pasir dipakai membuat obyek ’3D’ kontur permukaan bumi!
Obyek yang dibuat dari pasir saja, tidak memiliki kepastian bentuk; dimensipanjang dan lebar tidak menentu sehingga sukar diukur. Hanya ketinggian yang bisa.

Sandbox di ‘GSUp’ dipakai membantu membuat kontur (lentur, contour) permukaan bumi berupa tonjolan ‘gunung’ atau kedalaman ‘lembah’. Cara kerjanya mirip [P] ‘Push/Pull’; tarik ke atas jadi ‘gunung’, dorong atau tekan ke bawah jadi ‘lembah’. Bisa ditentukan ketinggian atau kedalamannya.
Buka Google SketchUp (‘GSUp’) versi 8. “Orang” boleh dihapus.
‘Sandbox’ dapat ditemukan di 3 menu: (1) [Window] (untuk mengaktifkan) (2) [View] (untuk menampilkan) (3) [Draw] (untuk memulai).
 

Membuat kontur dari awal (‘scratch’)

‘Sandbox’: aktifkan — klik [Window] – [Preference] – [Extensions] – centang ‘Sandbox Tools’ – [OK]. Tutup ‘Google SKetchUp’ dan buka kembali
Sandbox Google SketchUp toolbar‘Sandbox’: tampilkan di toolbar — klik [View] – [Toolbar] – centang ‘Sandbox’. Muncul ya di ruang gambar kita.
Terbagi 2 kelompok; kiri untuk membuat kontur dan kanan untuk mengubah atau menyunting kontur.
Sandbox Google SketchUpMembuat bidang permukaan — klik ikon [From Scratch], buat kotak dengan [L] (‘Pensil’). Jadilah kotak bergaris (‘grid’) dengan rusuk berukuran 1 meter (default).
‘Ungroup’ kotak, klik kanan – ‘Explode’. Ada garis “lipat” untuk membantu pembentukan kontur. Semakin halus grid semakin mulus kontur. Untuk memperhalus ‘grid’, ada 2 cara: (1) klik ikon [Add Detail] (lama, tidak dianjurkan), (2) ukuran rusuk ‘grid’ ditentukan (ketik angka sebelum membuat bidang).
Membuat kontur dari awal (‘scratch’) — (1) klik di ‘grid’ lokasi yang ingin dibuat kontur gunung atau lembah, (2) klik [Smoove]. Tarik ke atas jadi ‘gunung’, tekan ke bawah jadi ‘lembah’.
Atur sendiri gunung dan lembah. Kalau perlu “dimensi”, bisa 2 cara: (1) ketikkan angka ketinggian (kedalaman) saat ‘push’/'pull’ (2) ubah jari-jari alas lingkaran misalnya ’2m’ [Enter]. Lebih besar sekarang.
Perhalus kontur — klik [Window] – centang ‘Soft Edges’. Centang dua isian di kotak setting. Geserslider hingga garis-garis kontur hilang. Bagus, ya… langsung di’group’ dan ‘save.
Membuat kontur ‘sandbox’ selesai!
Cepat sekali. Betul, tinggal berimajinasi dikembangkan lebih lanjut untuk misalnya, membuat settinglatar game atau film animasi? Kenapa tidak.

sumber: http://rioseto.wordpress.com/2012/02/22/bikin-obyek-3d-dengan-sandbox-google-sketchup/
Share on Google Plus

About See - Arch


Someone who is still learning to become an "Architect" who is able to understand an architectural masterpiece.