
Prosedur di atas dapat dianggap baku untuk manipulasi citra di SketchUp, bagaimana dengan teks? Teks tidak sama dengan citra. Coba kita lihat, langsung ke ‘tkp’.
Teks SketchUp 2D di permukaan lengkung
Kita memanfaatkan sumbu ‘merah’ sebagai latar dan ‘teks’ SketchUp.
Di menu setting teks, centang ‘extruded’ dan isikan angka cukup besar sehingga teks jadi panjang membentuk ‘kolom’.
Teks 2D menempel di permukaan lengkung. Selesai.
Variasi, cobalah lanjutkan sehingga teksnya jadi lubang.
Teks SketchUp 3D di permukaan lengkung
Klik ‘teks’, klik ‘garis’, klik plugin ‘shape bender’* di menu ‘Plugins’ SketchUp, klik ‘garis lengkung’. Teks 3D jadi melengkung mengikuti pola (yang sama dengan bentuk permukaan dinding).
Pakai ‘M’ (move) sekarang mendorong teks hingga tepat menempel di atas permukaan. Teks 3D sekarang menempel cantik di atas permukaan lengkung.
Selesai.
* ‘shapebender.rb‘ (dan ‘progressbar.rb‘) adalah sepasang plugin untuk melengkungkan bentuk sembarang mengikuti pola yang kita buat, termasuk teks. Karena sukar diunduh dari situs aslinya pasangan plugin disembunyikan di balik gambar di samping. Klik kanan, simpan gambar (‘Save Link As…’), buka dengan ’7-Zip File Manager’. Simpan keduanya di direktori ‘Plugins’ SketchUp.
Melengkungkan teks 3D tidak berhasil kalau tidak sejajar sumbu ‘merah’.
Teks 2D bukan SketchUp di permukaan lengkung
Gambar di samping memperlihatkan dimensi teks yang lebih besar dari permukaan. Kita sunting dan manipulasi gambar sehingga seluruh teks muat di permukaan.
Masing-masing memiliki fungsi penyuntingan sendiri. Kita pakai warna ‘hijau’ untuk membesarkan (mengecilkan) dan rotasi. Atur gambar ‘teks’ sehingga dimensi dan posisi teks muat seluruhnya. Semua oke? Sip.. klik.
sumber: http://rioseto.wordpress.com/2012/03/18/memasang-teks-di-permukaan-lengkung/